Pages

contoh bagaimana persamaan akuntansi tetap

Posted by Unknown on Wednesday, August 29, 2012

Jurnal akuntansi biaya. Dia persamaan akuntansi adalah Aset = Kewajiban + Pemilik (Pemegang Saham) Ekuitas. Persamaan akuntansi harus tetap seimbang sepanjang waktu karena double-entry akuntansi atau pembukuan. (Double-entry berarti bahwa setiap transaksi akan mempengaruhi setidaknya dua akun di buku besar.)

Berikut adalah beberapa contoh bagaimana persamaan akuntansi tetap dalam keseimbangan. Investasi pemilik dalam perusahaan akan meningkatkan aset perusahaan dan juga akan meningkatkan ekuitas pemilik. Ketika perusahaan meminjam uang dari bank, aset meningkat perusahaan dan peningkatan kewajiban perusahaan. Ketika perusahaan membayar kembali pinjaman, aset perusahaan menurun dan penurunan kewajiban perusahaan. Jika perusahaan membayar tunai untuk sebuah van pengiriman baru, salah satu aset (kas) akan menurun dan aset lain (kendaraan) akan meningkat. Jika sebuah perusahaan menyediakan layanan untuk klien dan segera menerima kas, peningkatan aset perusahaan dan ekuitas pemilik perusahaan akan meningkat karena telah menerima pendapatan. Jika perusahaan menyediakan layanan dan memungkinkan klien untuk membayar dalam 30 hari, perusahaan telah meningkatkan asetnya (Piutang) dan juga telah meningkatkan ekuitas pemiliknya karena telah menerima pendapatan jasa. Jika perusahaan menjalankan iklan radio dan setuju untuk membayar kemudian, perusahaan akan dikenakan biaya yang akan mengurangi ekuitas pemilik dan telah meningkatkan kewajibannya.

Dari contoh-contoh kami, Anda dapat melihat bahwa pemilik ekuitas meningkat ketika pemilik melakukan investasi dalam bisnis dan juga ketika pendapatan yang diperoleh. Ekuitas pemilik menurun ketika pemilik menarik aset dari bisnis dan ketika itu timbul biaya. Hal ini membawa kita ke persamaan akuntansi diperluas:

Aset = Kewajiban + Ekuitas Pemilik + Pendapatan - Beban - Menarik

Definisi 'Persamaan Akuntansi'
Persamaan yang merupakan dasar akuntansi double entry. Persamaan akuntansi menampilkan bahwa semua aset yang baik dibiayai oleh meminjam uang atau membayar dengan uang pemegang saham perusahaan. Dengan demikian, persamaan akuntansi adalah: Aset = Kewajiban + Ekuitas Pemegang Saham. Neraca adalah tampilan kompleks persamaan ini, menunjukkan bahwa total aset dari perusahaan yang sama dengan total kewajiban dan ekuitas pemegang saham. Setiap pembelian atau penjualan oleh ekuitas akuntansi memiliki efek yang sama pada kedua sisi persamaan, atau efek offsetting pada sisi yang sama dari persamaan. Persamaan akuntansi juga ditulis sebagai Kewajiban = Aset - Ekuitas Pemegang Saham dan Ekuitas = Aset - Kewajiban.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment